Dinsdag 12 Maart 2013

Tips Membeli Kambing Etawa

11 March 2009 33,908 views 53 Comments
induk Kambing etawaSudah barang tentu kita sebagai peternak akan menyiapkan calon  indukan yang bagus dan berkualitas. Tentu saja memiliki harapan agar anak kambing yang akan di hasilkan, nantinya akan sesuai dengan keinginan kita. Walaupun nantinya terpaksa tidak sesuai, mungkin hanya sekedar  pola warna kambingnya saja.
Dari sekumpulan pengalaman saya dan para peternak lingkungan saya, biasanya mengacu beberapa factor yang dapat dijadikan sebagai pedoman agar  kambing yang akan kita beli nantinya dapat menjadi sebagai indukan yang bagus.
Factor kambing pejantan memang memiliki peranan dominan di dalam usaha pengembangbiakan kambing etawa.
Pejantan Kambing Etawa  umumnya memiliki gen yang sangat dominan pada anak turunnya, bahkan sampai 60-70%. Selebihnya biasanya mengikuti gen dari induk betina pada kambing.
Hal-hal dasar yang perlu kita cermati antara lain;
Kambing Etawa biasanya memiliki pola warna yang bermacam macam seperti Putih,Hitam Coklat, sedang kebanyakannya memiliki warna paduan antara putih hitam atau Coklat putih ,sedang Trend pola warna paling banyak di gemari saat ini adalah  pola dasar badan putih dengan pola warna kepala hitam legam
Pola telinga yang bagus adalah telinga yang menjulai ke bawah, lemas dan panjang. Semakin panjang telinga kambing, berarti semakin bagus kambing tersebut.
kambing etawa kepala coklatJenis telinga yang bagus biasanya tidak memiliki pangkal telinga yang menonjol ke luar, jadi dari samping kepala kambing langsung ke bawah. Sedangkan Panjang minimal telinga kambing etawa biasanya sekitar 30 cm.
Untuk criteria  pola kepala yang bagus, adalah kepala yang agak jenong mendekati bentuk lingkaran jika dari samping serta  memiliki rahang mulut yang kuat .
Kambing harusnya memiliki tulang-tulang yang kokoh dan besar. Semakin besar tulang pada kambing berarti semakin besar kemungkinan kambing tersebut untuk dapat tumbuh menjadi kambing yang besar.
Bakal Induk EtawaBeberapa cara tersebut hanyalah merupakan cara yang mudah untuk memperkecil resiko jika kita membeli kambing di pasar kambing etawa,
Membeli kambing di pasar juga memiliki banyak kelebihannya, selain banyak kambing sebagai pembanding, harga yang berlaku di pasar biasanya tidak setinggi harga kambing yang masih berada di kandang peternak. namun, berdasarkan pengalaman saya,beberapa  kambing etawa yang di pasar biasanya tidak dapat dipertanggung jawabkan silsilah serta mutunya  ,dan Jarang ada peterna membawa kambing etawa yang berkelas itu ke pasar kambing.
kambing etawa menyusuiUntuk lebih amannya, saya sarankan apabila calon peternak ingin membeli kambing untuk diternakan, sebaiknya datang ke peternaknya langsung. Hal ini akan membuat kita lebih jelas untuk mengamati dan bertanya tentang metode perawatan serta kebiasaan perawatan ternak.
Selamat mencoba untuk beternak Kambing Etawa
Tags: , , , , , , ,

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking